READY STOCK

ORDER SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT MENGGUNAKAN PHP (FULL SOURCE CODE)


Wednesday, September 26, 2012

Mengatasi Masalah Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Anda mengalami kebingungan saat touchpad mouse di Laptop tidak berfungsi. Kebanyakan dari kita langsung menganggap kerusakan ada di fisi... thumbnail 1 summary

Anda mengalami kebingungan saat touchpad mouse di Laptop tidak berfungsi. Kebanyakan dari kita langsung menganggap kerusakan ada di fisik/ hardwarenya. Untuk touchpada laptop bilamana mengalami kerusakan, sedikitnya ada 3 masalah yang mungkin mengakibatkan touchpad anda tidak berfungsi, yaitu:

1.       Settingan Peripheral Device pada BIOS
2.       Touchpad terdisable/ dimatikan
3.       Kerusakan fisik/ hardware

Pembahasan:
1.      Cek settingan peripheral device di BIOS apakah sudah terinstal dengan baik
2.    Masalah yg disebabkan karena touchpad terdisable/ dimatikan. Hal ini bisa diatasi dengan hanya menekan tombol  Fn + Function Key (Tombol F1 - F12).  Tombol Function Key yang ditekan disetiap laptop bisa berbeda-beda, saat saya menemukan masalah touchpad yang tidak berfungsi di Notbook Accer, tombol yang ditekan adalah Fn + F7.
3.      Bila kerusakan disebabkan oleh fisik/ hardware, silakan dibawa ke service center terdekat.

Tips:
Selalu pelajari fungsi dari tombol FUNCTION KEY (F1 – F12) di laptop anda (tiap merk laptop berbeda fungsinya), karena banyak function key yang sering tanpa sengaja kita tekan malah membuat laptop kita berjalan tidak normal.

3 comments

  1. saya sudah cek di periferal device ok,
    touchpad enable..
    tp masih ga bs jg...
    knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan melakukan hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan tahap2 sebagai berikut : masuk ke control panel –> system –> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device –> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara arahkan pointer mouse di driver tsb –> klik kanan –> pilih delete.

      Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop sobat agar driver touchpad tersebut bisa refresh kembali dengan cara automatic install waktu OS windowsnya up kembali.

      Kalo driver belum otomatis install agan instal kembali driver'a secara manual.

      Delete