READY STOCK

ORDER SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT MENGGUNAKAN PHP (FULL SOURCE CODE)


Wednesday, March 28, 2012

Stasiun Tawang ada di Surabaya?

Dimana letak kesalahan papan penunjuk arah tersebut? Apakah Stasium Tawang berada di Surabaya? thumbnail 1 summary
Dimana letak kesalahan papan penunjuk arah tersebut? Apakah Stasium Tawang berada di Surabaya?

ST. TAWANG SURABAYA, dengan penempatan saling tindih, atau kata pertama berada di atas kata kedua. Mungkin jika papan itu disajikan buat orang yang akrab dengan Kota Semarang tentunya mereka akan menoleransi. Sebab jika mengikuti arah papan tersebut kita akan menjumpai Stasiun Tawang, salah satu dari dua stasiun di kota Semarang.

Tapi kenapa Surabaya? Benar, arah yang ditunjuk papan itu memberi tahu orang bahwa ke arah itulah jalur ke Surabaya. Namun jangan salah, bukan tak mungkin dengan cara penulisan seperti itu, dapat menimbulkan persepsi bahwa Stasiun Tawang berada di Kota Surabaya. Parahnya lagi, kalau dicermati, papan itu mengarah langsung ke bangunan kampus Unaki.


Masih berkaitan dengan Surabaya dan penunjuk jalan. Yang ini bertuliskan TJ. EMAS SURABAYA dan terletak di bundaran Bubakan Semarang. Siapa pun tahu pelabuhan Tanjung Emas terletak di Semarang, bukan di Surabaya. Pelabuhan di Surabaya bernama Tanjung Perak.
 
Jika kita lihat dari fungsi rambu-rambu lalu-lintas, papan penunjuk jalan memiliki peran untuk membantu penggunanya mengenali arah jalan dan merupakan bagian dari penegakan ketertiban. Kalau rambu-rambu itu menimbulkan pengertian ganda dan tidak mampu menyampaikan pesan, kita bisa menyebutnya tidak berfungsi. Boleh saja, yang serupa itu dianggap kekeliruan kecil. Agar papan penunjuk itu berfungsi benar, sebaiknya di bawah kata ''ST. TAWANG'' dan kata ''SURABAYA'' diberi garis pemisah. Begitu juga dengan kata TJ. EMAS dan kata SURABAYA. Kekeliruan kecil seperti ini bukan hanya bikin rancu, tetapi juga bisa bikin orang salah faham, bahkan kesasar.

Sumber: Suara Merdeka

No comments

Post a Comment